PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ? - RETUWIT

Selasa, 28 November 2023

PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?

 PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?, permasalahan error kali ini yaitu PC kita tidak mau booting. Bukan hanya itu tidak ada tanda-tanda kehidupan. Karena dalam dunia PC jika masih masuk berarti nyawanya masih ada nah pada kasus kali ini semua nihil. PC kita hanya nyala sekejap itungan detik kemudian mati mengapa demikian ? sebenarnya untuk bisa mencari jalan keluar pada kasus ini kita memerlukan banyak test agar bisa menyimpulkan mana komponen yang error pada pc kita.

PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?

PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?
PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?

Cara terbaik untuk bisa melihat sejauh mana eror terjadi seperti yang biasa kita praktekan adalah sebagai berikut :

1. Kita test Full Set kemudian nyalakan (VGA, MOBO, PROCI, RAM) jika hasil masih sama kita bakal kurangi komponen.
2. Kita Test MOBO, PROCI, RAM jika hasil masih sama kita lanjut kurangi
3. Kita test PROCI, MOBO jika masih tidak ada kehidupan ini tentang power ataupun di Mobo yang bermasalah.



Note : Mobo/Motherboard, Proci/Processor, VGA/GPU, RAM/RAM

Yang bakal menguatkan hasil diagnosa ketika PSU hanya mengalirkan power untuk Proci dan Mobo Fan Proci tidak dapat berputar. Kebetulan untuk kasus kita ini Fan PSU yang sudah kotor kebangetan kurang lebih 4 tahun semenjak beli tidak pernah kita gunakan. Nah jika masih aman ketika kita membersihkan si Fan dan PSU nya dengan baik maka kehidupan untuk si PC bakal terlihat.

Intinya, yaps untuk diagnosa PC ini aslinya ngejelimet dan perlu ketelitian apakah si PC error di Mobo atau error di PSU. Coba saja dan pastikan semuanya bersih lihat juga apakah ada elco di mobo yang menggelembung untuk kasus kita ini PC untuk produksi video yang mana selama 4 tahun kita gunakan terus menerus render dan gaming. Yaps sejauh ini masih awet semoga tidak ganti PSU atau mobo ya kedepannya jika error parah sih mau tidak masu harus kita ganti. Untuk detailnya silahkan lihat pada video di bawah ini ya.

PC Tekan Power Nyala Sekejap Lalu Mati Kenapa Itu ?



Share with your friends