Cara Mengembangkan UMKM Lokal Minuman Jahe Dengan Website - RETUWIT

Rabu, 10 Agustus 2022

Cara Mengembangkan UMKM Lokal Minuman Jahe Dengan Website

UMKM lokal saat ini menjadi ujung tombak ekonomi benarkah ? jika kalian perhatikan dengan seksama di era pandemi ini UMKM lokal cukup bisa bertahan dan kompetitif. Sebagai contoh sederhana era pandemi ini orang-orang lebih mementingkan kesehatan di semua sisi nah kita bisa memasukan produk UMKM seperti minuman Jahe, jahe merah plus tambahan gula merah asli pastinya bakal mendapatkan hati di masyarakat dengan cepat. Sehat dan masih memiliki konsep yang cukup alami, perasan jeruk nipis bisa menambah rasa dan tambahan sereh jadi penyegar aroma. Konsep sederhana minuman lawas yang bakal menjadi trend untuk era sekarang. Pertanyaannya apakah produk tersebut bisa kita kembangkan melalui website ?

Cara Mengembangkan UMKM Lokal Minuman Jahe Dengan Website

Website UMKM Lokal Jahe Bedenyarr
UMKM Lokal Jahe Bedenyarr

Pada dasarnya Website adalah rumah utama dan wajib memiliki rincian produk mulai dari komposisi, harga, berat kemasan dan jenis-jenis produk. Selain tampilan yang bisa menawan perlunya website sebagai sarana informasi nah disini kita juga perlu ikut dalam alur zaman. Pentingnya sosial media dan website menjadi sinergi yang tak terbantahkan detailnya lihat gambar di bawah ini.

Sinergi Website dan Sosial Media Saat ini

Hierarki website dan Sosial media relevan era sekarang
Hierarki website dan Sosial media relevan era sekarang

Sebagai penggiat UMKM plus orang yang terjun dalam dunia internet ini ada baiknya jangan acuh tak acuh dengan perkembangan yang ada. Atau kita malah enggan mempelajarinya nah promosi dari alur utama website ini hal yang penting dan perlunya sosial media sebagai penunjang. Nah untuk tahap penjualannya merupakan proses akhir karena kita bisa menggunakan Marketplace yang sudah ada sebagai cara terbaik untuk alur penjualan. 

Penjualan Marketplace dan Offline

Penjualan Marketplace dan Offline
Penjualan Marketplace dan Offline

Membangun Brand dengan tampilan website yang rapih dan informasi yang jelas menjadi nilai wajib, sosial media sebagai penunjang bisa membangun brand lebih baik dan lebih psotif kepada pelanggan. Tiktok untuk saat ini menjadi salah satu Sosial media yang banyak di gandrungi oleh para anak muda, minuman jahe ini bisa masuk ke ranah mana saja Anak muda, orang tua ataupun lainnya. Masih sangat relevan untuk masuk menjadi UMKM yang bisa di kembangkan dengan cara ini.

Untuk kategori makanan ini memang agak lumayan yah, berkaca dari pengalaman terdahulu kita harus memiliki izin BPOM. Tapi jika diusahakan pasti berhasil nah dari beberapa tulisan untuk Jahe seperti ini ada baiknya tidak menggunakan label "khasiat" dan masih masuk skala Industri rumah tangga. Sambil jalan dan kita coba untuk mengumpulkan persyaratan daftar BPOM seperti ini. Nah lanjut ke bagian cara membuat website bisnis, dan cara membuat website umkm dan hosting lainnya.

Cara Membuat Website Untuk UMKM Jahe

Jika kita masih pemula ada beberapa pilihan yang bisa kita ambil, bisa menggunakan versi wordpress, blog ataupun hosting sendiri. Nah kita bakal mencontohkan jika mengambil blog dan membuat website mengggunakan domain murah. Mungkin jika kita belum ada modal besar ada baiknya mengambil website dengan domain murah atau masih disebut dengan skala blog yang terpenting adalah isi dan kejelasan dari sebuah produk kan.

Langkah detail :

1. Pembuatan Website Blog di Blogger

  • Buatlah blog dari blogger.com
  • langkah kedua gunakan tema yang ada untuk sementara
  • Nantinya kita bisa membeli tema dari penyedia online lokal

2. Cara Membeli Domain Murah dan Seting Domain Ke Blogspot

  • Pertama silahkan pilih domain paling murah disini domain murah

Dot Store domain murah 25K
Dot Store domain murah 25K

  • Langkah kedua selesaikan pembayaran bisa transfer atau menggunakan indomaret
Cara Seting Domain Ke Blogspot

1. Masuk kedalam blogspot, lalu pilih blog yang akan disetting dari daftar blog yang ada
Pilh menu setelan/setting cari bagian memublikasikan lalu klik bagian Domain Kustom

Domain Kustom


2. Ketikkan nama domain yang mau digunakan, tambahkan www agar bisa digunakan. Misal: www.domainku.com kemudian klik Save.

Copy cname yang ditandai
Copy cname yang ditandai

3. Sesuai gambar diatas, harusnya akan muncul error, dan ada dua CNAME yang muncul. Setiap CNAME terdiri dari dua bagian. CNAME pertama sama untuk domain apapun, berisi Name diisi dengan "www" dan Destination "ghs.google.com". CNAME kedua akan berbeda untuk masing masing domain.

4. Lalu Kamu masuk ke client Area untuk menambahkan CNAME Record Blogger kedalam domain Kamu. Kamu bisa masuk ke menu Domain 

5. Pada Dashboard klik icon setting pada domain yang akan kamu setting ke blogspot.

Atur domain
Atur domain

6. Pergi ke menu Manage DNS Management

Pergi ke menu Manage DNS management
Pergi ke menu Manage DNS management

7. Tambahkan kode pada cname lihat no 2, jika tidak ada kotaknya silahkan add new dns lihat gambar di bawah ini.

menambhkan dns blog ke domain jagoan
menambhkan dns blog ke domain jagoan

Sampai disini biasanya blog akan redirect ke domain yang sudah kita setting diatas, untuk waktu kadang cepat kadang pula memerlukan.hingga 24 Jam Proses perpindahan dari blogspot blog gratisan dan domain yang cukup murah bisa kita bilang ini adalah tahap awal dan modal awal juga. Sehingga kita bisa memahami alur pengunjung dan produk yang kita pasarakan. Jika semakin berkembang baik offline atau Online kita bisa memulai membuka hosting terbaik yang cocok dengan produk kita. Rekomendasi Hosting bisnis yang bisa menjadi langkah awal saat website semakin berkembang, yu kita cari tahu lebih lanjut.

Jika Website dan Penjualan Produk Semakin Berkembang

Langkah awal menuju tahap profesional, Blog gratisan atau web diarasa kurang profesional untuk memasarkan produk ? tenang semuanya kita lakukan tahap demi tahap. Nah jika penjualan lebih baik dan merk produk kita semakin dikenal ada baiknya memilih Hosting murah tapi tetap rekomen untuk penggunaan website bisnis. Rekomendasi Hosting Terbaik yang ada saat ini ialah M1 menawarkan fitur yang cukup lengkap plus murah perbulannya sangat cocok untuk kita yang mulai merintis usaha.

Hosting terbaik
Hosting terbaik

Jika ada pertanyaan apakah kita perlu website ? sudah jelas sangat perlu selain sebagai sarana informasi produk kita website ini akan mewakili atau sebagai jembatan menuju akun sosial media, dan marketplace dari produk yang kita pasarkan. Bisa menggunakan pembayaran langsung? bisa dong, akan tetapi untuk era sekarang jalan terbaik adalah marketplace dan mempromosikan produk kita ke orang-orang disekitar bakal menjadi nilai plus. Memang tidak akan mudah tapi jika belum kita coba mana kita tahu kan? untuk urusan BPOM bisa jadi kita tahan dulu sambil tetap menjual produk yang kita pasarkan coba dulu di sekeliling kita apakah mereka menerima produk kita, dan ambil semua komentar yang masuk terhadap produk kita itu bisa menjadi jalan agar terus memperbaiki kualitas dan rasa dari produk yang kita pasarakan.

Ok maju terus UMKM “#SIAPBUKTIIN BAHWA WEBSITE BISA MEMBANTU BISNIS KAMU DAN UMKM LOKAL” sudah pasti wajib dan perlu kok website ini peranannya sangat penting. Nah mari kita singsingkan lengan dan berdiri kemudian buat produk yang memang bisa dinikmati oleh semua kalangan.



Share with your friends