Cara Membuat Avatar Sendiri Game VRchat Indonesia Part 1 - RETUWIT

Jumat, 17 April 2020

Cara Membuat Avatar Sendiri Game VRchat Indonesia Part 1

Ya, karena kita baru mencoba game VrChat kita bakalan berbagi sedikit tutorial sederhana bagaimana sih agar kita bisa membuat atau meng-upload sendiri avatar di Vrchat. Tutorial ini untuk tahun 2020 jadi sangat pas karena beberapa menu telah di update. Beberapa bahan yang kita butuhkan untuk membuat avatar sendiri adalah :



A. Software pembuatan Avatar Sendiri VRchat

1. Unity Engine (saran gunakan versi 208.4.20f1) download disini
2. Vrchat SDK2 Download sini (silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun vrchat)

Setelah semua bahan terkumpul langkah selanjutnya kalian instal Unity tersebut sampai sempurna, kemudian jika yakin unity versi 208.4.20f1 ini ok baru kemudian kalian double klik di vrchat sdk2 tunggu sampai berhasil di instal dalam unity.

Gambar VRChat SDk berhasil di instal dengan baik di Unity

klik untuk zoom gambar
Lihat gambar di atas tanda panah tersebut menandakan plugin VRchat SDK berhasil di instal dengan sempurna dan ini cukup memakan waktu tergantung dari specs pc yang kalian gunakan. Sampai disini sudah siap untuk pembuatan avatar VR chat, mungkin orang-orang yang mencari tutorial ini adalah orang yang punya rasa ingin tahu besar tapi kita acungin jempol mari sama-sama belajar.

B. Proses Pembuatan Avatar VRchat di Unity SDK

1. Kita butuh Model atau Avatar setengah jadi, kalian bisa mendownloadnya di situs https://vrcmods.com/ pilih avatar yang kalian suka dan silahkan download

2. Langkah selanjutnya, untuk memasukan ke Unity avatar yang sudah kita download tadi cukup dengan klik 2 kali di avatarnya lihat gambar di bawah ini.


3. Setelah kalian klik, Model tersebut otomatis masuk ke Unity silahkan klik import untuk memasukan semua asset model avatar tersebut lihat gambar di bawah ini


4. Langkah selnjutnya lihat folder di bawah, kalian bakal menemukan folder avatar nama dari folder ini bakalan berbeda tergnatung dari vatar yang sudha kita download tadi intinya pilih folder yang bukan scene dan VRCSDK


5. Klik folder tersbut dan Drag atau tarik Avatar yang berwarna ping ke bagian atas lihat gamabr di bawah ini


6. Lihat Avatar yang sudah masuk, akan langsung berada pada bagian kanan atau view 3D


Sampai disini Avatar telah siap dan bisa kita nyalakan bagian bajunya, agar tidak berwarna ping seperti ini. Untuk shorcut Unity ini adalah sebagai berikut :
  • Klik kiri untuk memilih Objek
  • Klik kanan untuk Free View
  • Dan Mouse Tengah untuk Menggeser atau mode tangan
C. Pewarnaan Avatar di Unity

Sebenarnya bukan mewarnai melainkan kita hanya menyalakan tekture yang sudah ada, karena secara default jika kita meng-import model bakal berwarna ping seperti ini mari ikuti langkah berikut ini ya, semoga kalian bisa dan lancar.

1. Klik nama Avatar yang kalian gunakan pada kolom atas sebelah kiri, atau bagian hierarki ya


2. Kalian pilih select pada kolom sebelah kanan


3. Pilih Rig dan pilih humanoid, btw avatar yang sudah kita download di VRmods biasanya secara default memiliki rig humanoid. Ini agar kalian tahu bahwa tidak ada yang salah pada bagian rig yang digunakan


4. Lanjut kebagian Pewarnaan Avatar, kalian pilih folder materials dan silahkan kalian klik


5. Pilih semua material di dalam folder tersebut tekan CTRL+A


6. Sekarang lihat kebagian kanan menu ada pilihan Inspector, kemudian kalian ganti shader dari avatar tersebut


7. Ganti Shader menjadi Standar, lihat gambar di bawah ini ya model avatar yang telah kita buat telah memiliki warna baju


OK, Avatar sudah ok dan warna telah ada Avatar dari Vrmods ini biasanya memiliki ukuran besar kalian bisa mengubahnya dengan cara seperti ini.

8. Klik avatar dan kalian akan melihat tanda x y z garis atau atas, kanan, dan maju pokonya coba saja gerakan ya dengan mengklik masing-masing tanda tersebut


9. Untuk mengubah ukurannya silahkan pilih tombol di kanan scale dan lihat di bagian avatar bakal berubah menjadi scale tool atur sesuai yang kalian kehendaki. Nanti ketika di upload bakalan ada tanda jika size avatar kegedean.


Ok, sampai disini avatar telah berhasil kita buat karena ini untuk test saja yang pasti tidak ada hal yang cukup rumit. Semoga kalian bisa mengkituinya dnegan lancar, oh iya jika ingin request dibuatkan videonya silahakn komen di bawah ya, tapi smeoda dengan tutorial melalui gamabr dan tulisan bisa kalian serap dengan mudah. Untuk langkah terkahir yaitu proses upload kita buat di artikel selanjutnya karena akan memakan space jika disini.


Jika kalian ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar jangan lupa untuk follow dan like sosial media kita agar mendapat informasi terbaru speutar game 3d ataupun game lainnya. Dukung kita juga di FB atau YTBE agar lebih keren lagi kedepannya.


FB : RETUWIT
YT : RETUWIT
CUBE TV : Johny Entrap

Share with your friends