Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit - RETUWIT

Senin, 13 Januari 2020

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit

Banyak dari kalian yang bertanya tentang masalah ini, bang editnya pake apa ? bang streamingnya pake apa ? bang recordnya pake apa ? nah kita bakalan share juga software-software penting untuk kalian parta konten kreator. Atau para youtuber pemula, FYI software yang kita gunakan semuanya dari PC ya, karena jika kita gunakan HP agak ribet dan tidak sebebas PC. Yu mari kita bahas software penting apa yang wajib kalian punya dan pelajari :

Software Penting Untuk Youtuber Pemula atau Konten Kreator

1. Software Recording

Software recording yang kita gunakan adalah versi Opensource mengapa demikian, karena kita harus memaksimalkan teknologi opensource yang memudahkan para kreator pemula seperti kita. Gratis dan memiliki banyak fitur yang di butuhkan. Untuk saat ini kita maish setia dengan 2 software recording opensource berkualitas yaitu :

a. MSI Afterburner Untuk Record Gameplay 1080/60s, selain keperluan untuk record bisa juga untuk benchmark dan test system pc yang kalian gunakan. Dan semuanya gratis kalian bisa download langsung melalui situs resminya di MSI Afterburner

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit


b. Streamlabs Streamer, nah untuk software ini biasa kita gunakan untuk streaming tapi di lain waktu streamlabs bisa digunakan juga untuk proses recording gameplay yang tidak terlalu detail, atau kita hanya butuh 1080 dengan butrate 6 Mbps Streamlabs sudah sangat bagus karena bisa mengurangi penggunaan dari VGA ataupun processor yang sedang kita gunakan. Kalian bisa download langsung melalui official websitenya di Streamlabs OBS website

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit


2. Software Editing

Yang wajib kita kuasai untuk bagian editing adalah Software Video dan Photo, kita sarankan untuk menggunakan versi opensource kembali kenapa ? ada hal-hal keren jika kita menggunakan versi ini, dibanding dengan versi berbayar atau bajakan. Software itu diantaranya adalah :

a. Shotcut video Editor, software ini dulu merupakan bawaan dari Ubuntu Studio dimana kita bisa mendapatkan satu bundle aplikasi editing dalam os ubuntu. Untuk saat ini Shotcut menjadi terbuka dan bisa di pasangkan ke berbagai platform kalian bisa mencoba dan pelajari SHotcut dengan mendownloadnya melalui website official.

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit

b. Gimp Photo Editing, Sama seperti aplikasi editor video gimp ini merupakan software opensource yang di khususkan untuk pemrosesan bagian photo. Mungkin ini mirip dengan photosop dengan tampilan yang lebih sederhana kalian bisa pelajari gimp ini, atau jika darurat gimp agak sulit bisa gunakan versi photosop saja. Download Gimp melalui website official agar lebih pas dan bisa cek versi terbarunya.

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit

3. Software Streaming

Ada beberapa pilihan untuk streaming ini, karena kita memang menggunakan PC yang bisa kita pilih adalah OBS, Xsplit, dan juga Streamlabs OBS. Streamlabs merupakan software OBS yang telah di sempurnakan oleh tim streamlabs jadi beberapa fitur Alert, layar pembuka, figura camera, atau pengaturan volumer cukup simple jadi memudahkan kita. Dan untuk saat ini kita lebih banyak menggunakan Streamlabs OBS sebagai software streaming baik saat live FB atau Youtube dan kalian bisa mencobanya dengan mendownload streamlabs streaming di website official

Software Yang Biasa Kita Gunakan Untuk Stream Record dan Editing Di Youtube Retuwit

Nah itu smeua sudah bisa mencover produksi konten setiap harinya, baik untuk website ataupun youtube. Sebenarnya kalian juga bisa menggunakan HP sebagai device tapi minimal processor hp versi mid end seperti snap dragon 600 atau setaranya. Karena kita butuh hardware ini untuk record dan menjalankan game, untuk PC sendiri maish bisa menggunakan Emulator di dukung dengan ram yang agak besar juga. Apakah Kalian tertarik mencobanya ?

Sangat di sarakan untuk tahu dan pelajri tentang software opensource karena pada dasarnya, software ini di bangun dan di kembangkan oleh sebuah kominitas. Kemudian kita feedback dan berikan masukan agar software ini lebih canggih kedepannya. So, jika kalian ada pertanyaan silahakan komen di bawah atau ada pertanyaan lagi yang lain tulis di bawah juga ya.

FB : RETUWIT
YT : RETUWIT
IG : @IG_RETUWIT
CUBE TV : Johny Entrap

Share with your friends