Review Project Kirana Game Indonesia Dengan Sentuhan Traditional Battle Style - RETUWIT

Selasa, 22 Oktober 2019

Review Project Kirana Game Indonesia Dengan Sentuhan Traditional Battle Style

Yaps, kita akhirnya kedatangan game baru yaitu Project Kirana, game ini di kembangkan oleh Kawarna Studio. Menariknya ini bukan merupakan project khusus bisa di bilang sambilan karena project ini lebih ke hobi bagaimana menciptakan ide yang sudah ada dalam pikiran kemudian kita ramu dan menuangkannya menjadi real poject. Sebenarnya game Indonesia itu cukup banyak, apalagi jika kita masuk ke platform Mobile seperti, game-game casual tebak gambar, kode keras cewek dan lain sebagainya. Tapi disini kita bakal bahas tentang game dengan platform PC yang memiliki pangsa pasar yang lebih ke limit kali ya, karena hampir semua dev untuk sekarang banyak yang fokus ke versi mobile. Balik lagi kita ngobrolin projek kirana game ini menawarkan apa, dan sejauh apa, terus keseruannya gimana bakalan kita bahas disini, tapi sebelum itu ada Q N A terkait game ini, agar kalian lebih memahami tentang Peojek Kirana ini :

Q N A Projek Kirana Indie Dev 

1. Berapa lama pegerjaan Project Kirana ?

Kirana di bangun dengan masa kurang lebih satu tahun, terdiri dari 10 team yang masing-masing punya job diluar gamedev, jadi project game ini semacam hoby sampingan

2. Masuk di acara gameprime terus Feedback yang didapatkan ?

Banyak yang perlu diperbaiki terutama, Battle Mechanic, artstyle, dan story system dalam masa perbaikan

3. Engine Apa Yang digunakan ?

Karena keterbatasan perangkat keras kita masih menggunakan Unity sebagai engine utamanya, mungkin kedepannya bisa menggunakan Unreal Engine

4. Ada harapan bisa Crowdfunding ?

Pengennya iya, tapi untuk sekarang tim sedang melakukan banyak perbaikan untuk menerapkan feedback yang di dapatkan dari gameprime

Setelah kalian tahu, dan bagaimana game ini dibuat, cukup menarik meski dengan keterbatasan terus sebagai hoby juga game ini cukup keren dengan penggabungan tradisional battle style. Yaitu pedang dan panah tapi tidak hanya itu kok, di setiap scenenya game ini dibubuhi dengan musik tradisional. Karena masih status project juga dan masih dalam perbaikan story overall bagus.

Halaman Awal Game Projek Kirana

Terdapat beberapa settingan yang biasa kita temukan, seperti resolusi kualitas grafik dan beberapa setingan lainnya. Kemudian saat masuk ke bagian in-game kita disguhi dengan menu new game, credit dan quit.

Review Project Kirana Game Indonesia Dengan Sentuhan Traditional Battle Style


Masuk ke bagian misi In-game Projek Kirana

Kita bakal menjadi tokoh utama dalam game ini yaitu karakter wanita dengan kemampuan battle traditional. Nah disini kita memiliki misi, yaitu mencari kelinci untuk diburu menggunakan kuda yang ada dalam hutan.

Review Project Kirana Game Indonesia Dengan Sentuhan Traditional Battle Style

Pergerakan Karakter Projek Kirana

Saat kita menjalankan misi, kemudian mencoba menggerakan karakter bisa dibilang game ini cukup gesit dan responsif. Q sebagai pengganti weapon 1 dan dua yaitu pedang dan panah, kemudian key mapping yang kita temukan mirip dengan game-game 3d person shooter ok dan cukup responsif.

Review Project Kirana Game Indonesia Dengan Sentuhan Traditional Battle Style

Grafik Projek Kirana

Meski menggunakan Unity sebagai engine utama, dan keterbatasan specs secara keseluruhan game ini cukup ok jika kita lihat dari environmentnya, pohon, rumput, terrain, modelling karakter cukup bagus terus di project kirana ini kta temukan juga lightning effect meski ada keterbatasan di dalam worldnya.

Nah, menurut kalian nih ya, game ini bagusnya di bawa kemana ? open world ? atau ada yang kurang dari hal grafik ? mengingat untuk masuk ke tahap selanjutnya sebuah game perlu lebih keren lagi terutama masalah grafik karena ini untuk platform pc kan ya. Jadi kita bakalan berikan catatan untuk dev-nya sebagai gamer yang baru mencoba game ini.

1. Free View Camera, atau jika kita biasa maen menggunakan tombol ALT nah fitur ini harus lebih free

2. Grafik, untuk pohon dan rumput bagus tapi untuk karakter sepertinya masih datar adanya serat raut muka atau jika mengambil konsep kartun lebih keren lagi lebih hidup lagi warnanya

3. Misi tapi jika masuk ke model open world lebih keren, tidak hanya kuda atau lainnya kita butuh game yang kompleks

4. Grafik hal utama, karena untuk sekarang memang grafik yang menjadi patokan apalagi game pc selanjutnya baru story telling

Meski ini projek sampingan tapi harus lebih keren lagi lebih bagus lagi, untuk bisa masuk ke tahap selanjutnya, dengan adanya bakat muda seperti ini Indonesia tidak pernah habis untuk talenta mudanya dalam bidang developer game. Meski, sekarang game lain lebih menarik karena di dev dengan studio yang lebih besar. Projek Kirana masih bisa mengambil kesempatan itu, dengan merombak gamenya secara keseluruhan yang pasti game itu nyaman untuk kita mainkan dan indah saat di lihat.

Ok, pembahasan tentanng Projek Kirana cukup sampai disini jika kalian ada pertanyaan atau ingin jajal game ini kita bakalan sematkan link downloadnya. Terus jika sudah mencobanya jangan lupa untuk feedback ke dev-nya agar game ini bisa lebih keren lagi.

Link download Projek Kirana : Googledrive

Jangan lupa untuk follow dan like sosial media kita agar mendapat informasi terbaru seputar game pc ataupun game lainnya dukung live stream kita juga di FB atau YT agar lebih keren lagi kedepannya.

FB : RETUWIT
YT : RETUWIT
IG : @IG_RETUWIT
CUBE TV : Johny Entrap

Share with your friends

1 komentar