Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019 - RETUWIT

Senin, 15 Juli 2019

Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019

Kali ini kita bakalan jajal 2 Emulator Android yaitu Bluestack Free Fire dan TGB Free Fire dilihat dari waktu rilis Bluestack merupakan emulator yang cukup tua jika di bandingkan dengan TGB (Tencent Gaming Buddy Emulator. Blustack sepengalaman kita ya, emulator ini kita gunakan saat dulu hype-nya Aplikasi BBM Android, kemudian merambah ke Game yaitu Clash Of Clans BTW karena dulu kita tidak menggunakan Android artinya kita jajal semua Aplikasi Android melalui PC. Sedangkan TGB atau Tencent Gaming Buddy lahir sebagai Emulator Resmi PUBGM nah Emulator ini di maksudakan untuk mengisi gap (kekosongan) antara player PUBG Mobile dengan PC specs low yang tidak bisa mencicipi PUBG Steam tapi tetap saja game PUBGM ini membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi walaupun untuk kelas Emulator sedikitnya kita butuh PC dengan Range di Mid Specs.

Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019


Kita balik lagi ke Bluestack Free Fire, Bluestack merupakan Emulator pertama yang kita gunakan untuk menjalankan Game Free Fire dan dulu kita wajib menggunakan Trik Rooting agar iklan dan aplikasi pihak ketiga bisa bebas kita hapus. Berbeda dengan Tencent Gaming Buddy Emulator, aplikasi ini rilis tanpa embel-embel iklan 100% untuk menjalankan Game PUBGM. Ok, kita masuk ke perbandingan, spesifikasi PC yang kita test untuk 2 Emulator ini adalah :

Processor : AMD Phenom X4 B55
Ram : 2x4 1600 Mhz
Vga : GTX 460
Resolusi : 1366x768
Os : Windows 10 64 Bit

Skenario ini menggunakan Specs PC Low End tapi tidak terlalu jadul juga, GTX dan Phenom merupakan Processor lawas tapi jika tujuannya untuk menjalankan Game sekelas emulator android sudah lebih dari cukup. Kita bakal ulas secara detail inilah perbandingan Bluestack Free Fire dan TGB Free Fire :

1. Berat Mana Antara Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Untuk masalah ringan, kita langsung pilih TGB Free Fire kenapa ? karena emulator ini masih bisa lancar menjalankan Game Free Fire dengan specs pc di ram 4GB beda dengan Emulator Bluestack untuk ram 4 GB masih banyak stutering dengan specs diatas menggunakan ram 8 GB barulah FF bisa di jalankan dengan sangat lancar. Untuk Konfigurasi sytem emulatornya sama, detailnya seperti ini :

Processor : 4 Core
Ram : 4GB
Resolusi : 1280x720
Dpi : 240

Bluestack Sytem Engine

Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019

TGB Sytem Engine

Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019


2. Sytem OS Yang digunakan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Os terkini dan terupdate adalah Bluestack karena sudah default menggunakan Nougat, TGB untuk Nougat sendiri masih status beta aslinya Nougat TGB atau standar engine kurang woth it untuk menjalankan Game masih powerful untuk mesin AOW nya dengan OS default Kitkat. Jadih untuk masalah os, Bluestack memiliki nilai plus karena engine-nya sudah menggunakan Nougat Nougat dan ini sangat berguna untuk menjalankan game-game terbaru.

3. Google Play Service Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Sytem Google play service di Blustack sudah cukup bagus untuk sekarang ini jarang ada error stop working. Bluestack memiliki system login dengan android biasa dan beberapa fitur sperti Gplay Games, Play Store dan Gplay service bisa berjalan otomatis saat pertama sign up akun. Beda lagi jika di TGB kalian harus instal manual dengan menyalakan Fitur other games untuk gplay games baru beberapa bulan ini di sematkan dan itupun kadang ada error.

4. Game Store Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Bluestack menggunakan Google Play Store seperti Android di versi Mobile untuk mendownload berbagai game di Emulatornya. Untuk TGB menggunakan APP Market yang artinya game-game dalam emulator TGB memiliki server khusus hanya game yang di support oleh emulator ini saja yang bakalan ada di Market APP nya. Untuk Game store ini Bluestack memilki poin plus karena Game Storenya fleksibel bisa update sesuka kalian.

5. Grafik  Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Bluestack karena menggunakan OS Nougat grafik yang di tawarkan oleh emulator ini cukup canggih karena sudah bisa membuka fitur Shadow, HFR (high frame rate) beda dengan TGB untuk pengguna emulator ini kalian harus puas dengan setingan Ultra tanpa HFR dan Shadow meskipun kalian menggunakan vga di atas GTX diatas.

6. Voice Chat Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Blustack untuk ftur voice chat di FF cukup working, dan lancar tanpa ada kendala kalian bisa menjalankannya mirip di versi Android Mobile, untuk pengguna TGB harap bersabar karena fitur ini masih dalam status beta kayanya kita butuh feedback lebih ke dev TGB ini.

7. Key Mapping Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire

Blustack memberikan Opsi smart key di Game Free Fire ini dengan dukungan Klik kanan mouse untuk scope. Sedangkan TGB ada 2 fitur untuk keymap-nya yaitu Smart Mode dan Normal Mode dari 2 Emulator diatas sama-sama memiliki fitur error keymapping di Game Free Fire bergerak acak ke posisi tengah ini cukup menyebalkan. Untuk Key mapping hanya TGB yang cukup playable dengan menggunakan Normal Mode error key mapping bisa di atasi dengan mudah

Kesimpulan

Dua emulator diatas di tahun 2019 ini, menawarkan fitur-fitur terbaru dari masing-masing engine-nya. Blustack dengan Nougat dan TGB dengan Kitkat AOW menurut kalian emulator manakah yang pantas juara di PC specs Low ? Berdasarkan hasil di atas 2 emulator ini memiliki nilai plus tapi tetap fitur utama dari Sebuah Engine emulator adalah Low Specs dan lancar menjalankan game tanpa terganggu. So, untuk playable mana hasilnya kita pilih TGB Free Fire Specs tidak terlalu berat, keymapping lancar dengan Normal Mode untuk minusnya Voice Chat Off, tidak support HFR shadow di tempat kedua Blustack Free Fire Nougat, Support Voice, HFR, Shadow minus butuh specs lebih tinggi, key mapping belum bagus masih error WASD-nya.

Jika kalian ada pertanyaan tentang Perbandingan Bluestack Free Fire VS TGB Free Fire 2019 silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk follow social media kita di bawah ini terus jangan lupa juga dukung Yotube kita ke 10K subcriber biar lebih keren ya.

FB : RETUWIT
YT : RETUWIT
IG : @IG_RETUWIT
CUBE TV : Johny Entr

Share with your friends