Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload - RETUWIT

Jumat, 28 Juni 2019

Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload

Fitur Youtube Copyright Match merupakan salah satu fitur terbaru yang di sematkan oleh Youtube tahun 2019 ini. Rilis nya beberapa bulan kebelakang, tapi ada sebagian orang yang belum paham tentang manfaat dari fitur terbaru. Youtube Copyright Match merupakan tools penting untuk mengklaim hak cipta dari video kita sendiri. Mungkin jika dulu Claim id hanya di peruntukan bagi chanel besar, musisi, pokonya chanel yang sudah terverified untuk tools terbaru ini di peruntukan untuk chanel kecil dan lebih ke pribadi (personal claim).

Syarat Mendapatkan Youtube Copyright Match

Fitur ini bakalan ada bagi kalian yang sudah di acc menjadi Partner Youtube artinya kalian sudah melewati persyaratan 1000 Sub, dan 4000 jam tayang. Untuk Melihatnya kalian bisa cek langsung di Youtube Creator Studio,

1. Untuk Yotube Creator Studio Clasic


Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload


Masuk Creator studio, kemudian pilih Video Manager dan pilih Submit Retraction

2. Untuk Youtube Creator Studio Baru


Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload


Masuk Creator Studio, di menu Dashboard scrool ke bawah plih menu Copyright

Rekomen jika kalian mebuka fitur Youtube Copryright ini melalui Youtube studio terbaru karena bakalan lebih lengkap. Ada fitur message, Submit klaim dan match tools untuk melihat video kita yang telah di reupload. Satu lagi untuk menikmari fitur Match Copyright ini kalian harus membukanya melalui Broswer PC/Desktop. Ok Kita lanjut ke cara klaim video kita yang di Re-upload oleh chanel lain :

Cara Klaim Hak Cipta Dengan Menggunakan Yotube Copyright Matct Tools

1. Buka Creator Studio Versi terbaru https://studio.youtube.com/channel/

2. Pilih Menu Copyright lihat di tab Match jika ada chanel yang me-reupload video kita bakal terilhat, 80% sampai 100% untuk tingkat kecocokannya lihat gambar di bawah ini

Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload



3. Jika ada lanjut ke Removal Request dengan Mengklik Tanda seru (!)


Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload


4. Silahkan isi form yotube untuk lengkapnya sebagai berikut, relasi Coyright Content isi dengan Judul video kita yang telah di Reupload. Untuk lainnya akan otomatis terisi sesuai chanel kita, lanjut ke langkah selanjutnya

Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload

5. Pilih standar removal (segera di hapus) kemudian ceklist semua penyataan hak cipta dan terakhir kalian tinggal isi siganture (signature adalah nama lengkap kita sesuai ktp)

Cara Menggunakan Youtube Copyright Match Klaim Video Re-Upload

Beres sampai disini kita berhasil mengklaim video kita sendiri secara pribadi, kalian tinggal tunggu beberapa jam sampai satu hari nanti bakalan ada pemberitahuan jika klaim hak cipta kalian di setujui. Fitur ini berguna bagi para yotuber kecil. Atau memproteksi para creator dari para re-upoader yang tidak bertanggung jawab. Sebenranya ada Asas Fair Use yang bisa di gunakan dengan syarat hanya 25 detik (konten hak cipta yang bisa di gunakan), tapi ini assas fair use tidak berlaku jika video atau musik tersebut merupakan video terkenal (25 detik inti hak cipta tetap kena straight).

Untuk Copryright match terbaru ini bakal mendetek video dengan nilai kecocokan di atas wajar atau menggunakan video kita tanpa permisi, so mungkin tools ini bakal berguna. Btw kita baru buka konten tentang youtube bagi kalian yang ingin bertanya seputar youtube atau blog silahkan ya kita bakal bahas lengkap deh.

Jangan lupa follow social media kita di bawah ini ya

FB : RETUWIT
YT : RETUWIT
IG : @IG_RETUWIT
CUBE TV : Johny Entrap

Share with your friends