Windows 7 DirectX 12 ? Mari Kita Bahas Secara Dalam dan Santay - RETUWIT

Jumat, 15 Maret 2019

Windows 7 DirectX 12 ? Mari Kita Bahas Secara Dalam dan Santay

Jika kita ngobrolin DirectX 12 tepat 5 tahun yang lalu Microsoft secara resmi merilis teknologi ini di GDC (Game Developer Confrence). FYI ya ;-) jadi mimin yang baik hati ini selain punya hobi nge-games dari zaman sega atau nitendo suka juga dengan namanya teknologi baik dari Hardware, Software maupun API (application Program Interface) teknologi terbaru. Kebetulan saat peluncuran DirectX 12 pada masa itu tanggal 21 Maret 2014 berarti 5 tahun kebelakang mimin up to date untuk mengikuti laju perkembangan kemana arah teknologi bakal berjalan. Iklan lagi, selain cepika cepiki tentang platform windows mimin juga suka dengan yang namanya Linux dan OS turunannya makanya misalnya kita bahas Android x86 ataupun Emulator bakal dibahas secara simple dan biasanya jika ada pertanyaan dari kalian bakal di jawab secara mendalam berdasarkan apa yang pernah kita alami ya kan ;-).



Lanjut ke DirectX 12, teknologi ini merupakan sebuah sytem API yang dibuat oleh microsoft kalo kata Empunya begini "DirectX adalah serangkaian komponen di Windows yang memungkinkan perangkat lunak, terutama dan khususnya game, untuk dapat langsung digunakan bersama perangkat keras video dan audio Anda.  Game yang menggunakan DirectX dapat menggunakan akselerator multimedia bawaan perangkat keras Anda dengan lebih efisien, yang akan meningkatkan pengalaman multimedia secara keseluruhan. (support.microsoft.com).

Simpelnya gini, DX merupakan teknologi yang berkecimpung dalam dunia game sana tugasnya untuk memberi akselerasi hardware agar lebih optimal. Dan hampir semua game butuh DirectX untuk menjalankannnya mulai dari DX9, 10, 11, sampai 12 dan teknologi ini pun erat kaitannya dengan OS, Hardware, Driver kemudian DirectX dan di akhir eksekusi oleh si game nya.


Untuk Windows sendiri DirectX Versi 12 hanya di adopsi oleh WINDOWS 10, berikut ini 3 generasi windows yang masih Up To date untuk API DirectX :

- Windows 10 Teknologi DirectX 12
- Windows 8.1 Teknologi DirectX 11.2
- Windows 7 Teknolgi Direct X 11.1

Sedangakan untuk GPU hardware sendiri dari Nvidia, seri GeForce yang support untuk DirectX12 dimulai dari seri Geforce 400 dan diatasnya, untuk lengkapnya kalian kunjungi situs DirectX12 Nvidia disini, teknologi ini memungkinakan peningkatan frama rate yang jauh lebih tinggi dari teknologi directX 11. Kebetulan kita punya gambar saat pertama Microsoft meluncurkan DX12 nya.


Good News, tanggal 12 Maret 2019 kemarin pihak microsoft memberikan dukungan untuk OS Windows 7, sistem operasi yang gak ribet dan simple tapi masih powerfull untuk di game di tahun 2019 ini. BTW, katanya ada rumor bahwa Windows 7 bakalan gak di support lagi security update-nya sampai tahun 2020 tapi ? ini malah di kasih kado dengan menyematkan DirectX 12 ke Windows 7. Jadi mimin sebagai pengguna PC kentang plus pengguna windows 7 juga sangat haru campur biru loh ya. Akhirnya bisa nyicip teknologi terkini dari API Microsoft.

Untuk saat ini DirectX 12 Windows 7 baru di support oleh Blizzare dengan gamenya WORLD OF WARCRAFT. Nah di blog microsoftnya mengatakan bahwa Patch terbaru WOW 8.1.5 Battle For Azeroth ready DirectX 12 sekaligus sebagai Developer game Pertama yang merilis patch DX12 untuk Windows 7. Artinya bakal ada peningkatan di frame rate FYI kembali, untuk Prossesor terbaru windows 7 sudah gak di support loh seperti generasi Intel Skylake, dan Ryzen OS yang disaranakan dan bener-bener default adalah WINDOWS 10.

Akankah Windows 7  seperti Windows XP yang langgeng sampai akhir ;-) kayanya sih iya, karena masih banyak kok pengguna yang tetap berpegang kukuh pada pendiriannya. Alasan yang sama karena windows 7 merupakan Sistem operasi yang lebih sederhana, tidak banyak notif seperti Android ringan dan mampu melibas game-game di tahun 2019 tanpa kendala meskipun hanya di support DirectX 11.1.

Share with your friends